Forums

Full Version: Fakta menarik dari Menangis
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Menangis ?
[Image: Crying+Babies+-+Cute+Paintings.jpg]


Siapa bilang menangis tak ada gunanya, Menangis bukanlah tanda seseorang berwatak cengeng atau lemah.  kelamaan menangis memang bisa bikin mata merah dan bengkak. Tapi jangan salah, manfaat menangis dan mengeluarkan air mata ternyata bisa jadi obat ajaib yang berguna bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Banyak orang yang mengaku merasa lebih nyaman dan setelah menangis.

Menangis merupakan proses keluarnya air dari mata yang disebabkan karen faktor emosi seperti sedih, marah, terharu atau bahagia. dengan menangis dapat membantu mengeluarkan energi negatif dan merupakan salah satu cara yang alami untuk mengatasi rasa takut ataupun tertekan.

berikut adalah beberapa keajaiban yang bisa kita dapatkan setelah menangis dan berair mata.

1. Membuat mata lebih sehat
[Image: images?q=tbn:ANd9GcRuuEWOjWc_nqhElQUPKpO...QoojwqGdSQ]
Indera penglihatan pun juga terkena efek positif akibat menangis. Air mata mampu menjadi anti bakteri alami bagi mata. Bakteri terbunuh karena kandungan cairan lisozom yang terdapat pada air mata. Kelembaban mata pun akan meningkat sehingga mengurangi risiko pandangan yang mudah kabur. Jadi, menangis berguna dalam meningkatkan kemampuan visual seseorang

2. Melegakan perasaan

Semua orang rasanya merasa demikian. Meskipun Anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega.

3. Membunuh Bakteri
Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90 – 95 % bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.

4. Membangkitkan Mood
seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 % protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

5. Mengeluarkan Racun
seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.

6. Mengurangi Stres
Bagaimana menangis bisa mengurangi stres? Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

Ada banyak manfaat dari air mata, akan tetapi jangan jadikan hal ini sebagai salah satu cara untuk mendapatkan kesehatan, karena menangis identik dengan suasana hati, dan juga mood yang kurang baik. Akan tetapi jika anda ingin menangis maka itu juga adalah sebuah keuntungan bagi mata anda jadi menangislah. [Berbagai sumber]